Pusat (majalah sastra), edisi 5 tahun 2012

Nugroho, Yanusa and Setia, Beni and Gani, Syaifuddin and Stiawan, Isbedy and Widijanto, Tjahjono and Pratama, Iswadi and Prasetya, Wahyu and Idawati, Evi and Ertato, Agung Dwi and Hadi WS., Abdul and Salad, Hamdy and Rozak Zaidan, Abdul and Wijaya, Putu and Djoko Damono, Sapardi and Prijanto, Saksono (2012) Pusat (majalah sastra), edisi 5 tahun 2012. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta, pp. 1-108.

[img] Text
Majalah Pusat edisi 5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Sastra, Pasar, dan Industri Kreatif: tiga kata kunci dalam tema majalah Pusat kali ini. Perhubungan ketiga kata kunci itu terikat pada istilah ”industri kreatif ”. Istilah itu memang menjadi fokus yang populer dibicarakan. Namun
setakat ini, definisi industri kreatif dalam sastra masih digunakan secara berbeda, bahkan pengukuran dan pengomunikasian nya membingungkan presisinya dianggap lemah, serta kurang mampu mengikuti perubahan dalam dunia industri itu sendiri. Jika sastra ingin terikat secara substansial pada dunia industri, konsep kreativitas sebagai ciri khas dari industri kreatif harus dapat menyentuh ranah inovasi dalam segi ekonomi-budaya dan teori inovasi sistemik. Kita pun harus dapat memahami kreativitas dalam konteks industri kreatif sebagai kasus khusus dari inovasi, tetapi tidak semua kegiatan inovatif mencakupi industri kreatif. Sebuah inovasi yang tidak membedakan industri kreatif secara mutlak sangat penting untuk dibahas dengan sektor-sektor ekonomi lainnya agar bisa memberikan pendekatan komparatif untuk menentukan karakteristiknya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Sastra Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Prosa
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: - Perpustakaan Badan Bahasa Kemdikbud
Date Deposited: 11 Jun 2020 05:01
Last Modified: 11 Jun 2020 05:01
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item View Item