Model pendidikan kewirausahaan pola kemitraan melalui pemanfaatan dana stimulan bagi masyarakat pesisir

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2012) Model pendidikan kewirausahaan pola kemitraan melalui pemanfaatan dana stimulan bagi masyarakat pesisir. Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar, Makassar.

[img] Text
44978Model Pesisir - 2012 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan model ini bertujuan mengembangkan kemitraan dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta dalam pengembangan wirausaha masyarakat pesisir dengan pemanfaatan dana stimulan yang disuntikkan ke kelompok belajar, dilaksanakan kurang lebih 8 bulan. Leading sektor dari pelaksanaan uji coba model adalah UPTD SKB melalui pelatihan pendidikan kewirausahaan pola kemitraan berdasarkan kurikulum yang dikembangkan oleh BP PAUDNI Regional III yang berbasis potensi lokal bagi masyarakat di daerah pesisir. Pendidikan dan pelatihan yang dilakukan diarahkan pada pemenuhan pemahaman dan aplikasi peserta didik tentang kewirausahaan serta bagaimana membangun kemitraan sehingga dapat memperkuat kelompok wirausaha masyarakat yang disesuaikan dengan vokasi dan kebutuhan pasar. Indikator keberhasilan model dapat dilihat dari empat hal, yaitu: (1) Perilaku, yaitu tumbuhnya motivasi peserta didik agar mau terlibat dalam pembelajaran yang terlihat dari ketertarikan peserta didik dari yang tadinya enggan mengikuti pembelajaran menjadi ingin terlibat langsung dalam pembelajaran; (2) Psikomotorik, yaitu meningkatnya kecakapan bekerja dan berusaha yang dilakukan oleh peserta didik baik secara individu maupun berkelompok dalam melakukan aktifitas kegiatan keterampilan, terlihat dari tumbuhnya motivasi dan inovasi, bekerja dengan hasil tepat waktu dan menerapkan hasil produk yang mempunyai kualitas serta ketercapaian mutu yang baik dilakukan oleh peserta didik dalam membuat dan mengembangkan hasil keterampilan yang dilakukan; (3) Kewirausahaan, yaitu terbentuknya usaha secara mandiri atau kelompok bagi peserta didik namun dalam tataran lembaga yang telah dibentuk guna mengkoordinir pemanfaatan dana stimulan; dan (4) Output, yaitu terbentuknya sikap mandiri, berusaha dan bekerja sesuai dengan jenis keterampilan yang berbasis kebutuhan pasar serta membangun jiwa wirausaha guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kecapakan Wirausaha (PKW)
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 01 Jun 2020 09:45
Last Modified: 01 Jun 2020 09:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item View Item