BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, Direktorat Jenderal PAUD, DIkdas, Dikmen (2013) Model pendekatan psikologis dalam meningkatkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada anak usia dini. 57 . Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar, Makassar.

[img] Text
model-pendekatan-psikologis-dalam-meningkatkan-kecerdasan-majemuk (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (866kB)

Abstract

Pengembangan program pendekatan psiklogis dalam meningkatkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) pada anak usia dini dimaksudkan dapat membekali sebuah tenaga pendidik/guru mengenai suatu pendekatan yang dapat meberikan pilihan-pilihan kegitan main pada sehingga anak dapat melakukan kegiatan dengan aman dan nyaman di setiap sentra-sentra main yang dibentuk berdasarkan kecerdasan majemuk yakni sentra kecerdasan bahasa (verbal), sentra kecerdasan logik matematika, sentra kecerdasan visual spasial, sentra kinestetik, sentra kecerdasan musikal, dan sentra kecerdasan natural. Selain memberikan pilihan-pilihan main pada anak pendekatan ini pula dapat memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi yang dapat menjadikan anak tidak merasakan adanya tekanan dari pihak manapun. Kegiatan di setiap sentra harus mencerminkan tiap kecerdasan, artinya disaat anak berada pada sentra bahasa tenaga pendidik harus memaksimalkan stimulasi verbal dan mengarahkan anak banyak bercakap, yang dapat dilakukan melalui cerita.
Untuk mengetahui sejauh-mana pemahaman peserta didik mengenai kegiataan yang dilakukan anak melalui sentra-sentra yang telah disiapakan oleh tenaga pendidik yang mengacu pada kecerdasan jamak, maka dibuatkan blanko Evaluasi untuk menjaring informasi yang dimaksud. Menyusun format evaluasi berpedoman pada program yang telah disusun, dimaksudkan agar program dengan evaluasi nyambung. Evaluasi merupakan bagian penting pada penyelenggaraan pendidikan anak usia dini agar pihak-pihak terkait dapat mengetahui sejauh-mana gambaran atau interaksi peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar melalui bermain yang mencakup secara menyeluruh mengenai tumbuh kembang anak yang meliputi: perkembangan nilai-moral, fisik (kasar dan halus), sosial-emosional, kognitif, bahasa dan seni. Jenis-jenis evaluasi yang dilakukan antara lain Anecdotal record, cheklist, dan portopolio.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak
Pendidikan > Sekolah > Literasi Sekolah
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:08
Last Modified: 04 Jun 2020 07:08
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18513

Actions (login required)

View Item View Item