Model kursus kunjung 2014 (pemberdayaan komunitas Suku Bajo)

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2014) Model kursus kunjung 2014 (pemberdayaan komunitas Suku Bajo). Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar, Makassar.

[img] Text
model-kursus-kunjung-2014 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (867kB)

Abstract

Model kursus kunjung merupakan model kursus yang lahir dari fenomena masyarakat miskin yang tertinggal, khususnya komunitas nelayan Bajo. kebiasaan komunitas nelayan Bajo yang bertempat tinggal jauh dari kota (keramaian) berdampak pada kualitas hidup mereka yang monoton. Berbagai perubahan dibidang pendidikan, kesehatan, teknologi sangat lambat diikuti oleh komunitas ini sehingga daya adaptasi sosial mereka semakin rendah. Oleh karena itu, model kursus kunjung menyambut dan memberdayakan komunitas nelayan Bajo untuk memenuhi tuntutan kebutuhan belajar masyarakat, paradigma kursus sebagai lembaga pendidikan nonformal yang selama ini banyak mengikuti pola pendidikan formal khususnya bersifat menetap di suatu kota, sebaiknya mulai memikirkan dan meningkatkan layanan, serta perhatian pada kursus kunjung yang merupakan metode jemput bola yang banyak dilakukan oleh para pengusaha dalam meningkatkan berbagai produk dan layanan kepada masyarakat. Kalau barang-barang hasil produksi bisa sampai ke pelosok desa yang tertinggal, terjauh dan terluar mengapa program pendidikan nonformal khususnya kursus tidak melakukan hal yang sama, tujuanya sama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 29 May 2020 09:14
Last Modified: 29 May 2020 09:14
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18495

Actions (login required)

View Item View Item