Model peningkatan kompetensi manajerial pengelola kursus melalui strategi tukar belajar

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2014) Model peningkatan kompetensi manajerial pengelola kursus melalui strategi tukar belajar. Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar, Makassar.

[img] Text
model-peningkatan-kompetensi-manajerial-pengelola-kursus-melalui-strategi-tukar-belajar (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (313kB)

Abstract

Pengembangan program P2TK Pembinaan Kursus dan Pelatihan ini menitikberatkan pada upaya peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam lingkup program kursus dan pelatihan. Oleh karenanya, dalam pelaksanaan pengembangannya kami mencoba merancang jenis pembinaan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan mereka. Tingginya jumlah pelaksana kursus dan pelatihan (LKP) yang ada di masyarakat, dengan berbagai jenis nama yang muncul untuk menyebutkan jati diri mereka yang terkadang kurang sesuai dengan makna keberadaan lembaga tersebut, sebut saja antara lain LKP yang diartikan Lembaga Kursus dan pendidikan sehingga program yang dilaksanakan bukan hanya kursus saja tetapi program PAUD dan kesetaraan, atau adanya lembaga yang menyebut nama lembaga sebagai LKP Lembaga English Course, dan masih banyak lainnya yang serupa menunjukkan masih kurang minimnya pemahaman mereka tentang LKP.
Berdasarkan kondisi tersebut yang antara lain dibandingkan dengan alasan-alasan yang telah disebutkn pada bab sebelumny, penyebab mengapa perlunya mengembangkan program P2TK Pembinaan Kursus dan Pelatihan ini. Aspek peningkatan kompeteni manajerial merupakan inti dari pengembangan program ini, dimana upaya peningkatan kompetensi manajerial pengelola kursus dapat secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkat kinerja lembaga mereka. Pendekatan yang digunakan untuk pencapaian tujuan tersebut (peningakatan kompetensi manajerial pengelola kursus) adalah melalui pendidikan dan pelatihan dengan menggunakan metode tukar belajar.
Kriteria keberhasilan penyelenggaraan model pelatihan melalui kegiatan Workshop dan Forum BAKKa sebagai upaya peningkatan kompetensi manajerial pengelola kursus dengan menggunakan strategi tukar belajar yang dapat dapat diamati adalah: 1. Tersusunnya pedoman pelaksanaan Workshop Penguatan Mamajemen LKP melalui penerapan strategi belajar. 2. Tersusunnya pedoman pelaksanaan Forum BAKKa dalam upaya peningkatan kompetensi pengelola LKP melalui strategi belajar.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 28 May 2020 10:38
Last Modified: 28 May 2020 10:40
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item View Item