Model pemberdayaan perempuan nelayan melalui program pendidikan keaksaraan berbasis keterampilan

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2016) Model pemberdayaan perempuan nelayan melalui program pendidikan keaksaraan berbasis keterampilan. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan, Makassar.

[img] Text
model-pemberdayaan-perempuan-nelayan-melalui-program-pendidikan-keaksaraan-berbasis-keterampilan (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (778kB)

Abstract

Perempuan nelayan atau istri nelayan sebagai pendamping hidup suami memiliki potensi yang handal untuk membantu perekonomian keluarga. Hanya saja keterbatasan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki perempuan nelayan hanya menjadi pengurus rumah tangga saja.
Sedangkan pelibatan perempuan dalam mengolah hasil tangkapan cukup penting karena memiliki waktu yang banyak untuk melakukan kegiatan produktif. Oleh karena itu, pemberdayaan perempuan nelayan sangat penting dengan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan potensi bahari di pulau. Layanan program pendidikan yang berorientasi pada pemberdayaan perempuan nelayan masih kurang pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat pulau. Oleh karena itu, peranan perempuan dalam pembangunan masyarakat perlu terus ditingkatkan, terutama dalam menangani berbagai masalah sosial dan ekonomi dan pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas. Masyarakat nelayan khususnya kaum perempuan merupakan anggota masyarakat yang kurang beruntung, karena rendahnya tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap kreatif, sehingga perlu diberdayakan melalui pemberian pengetahuan dalam bentuk introduksi teknologi menambah wawasan life-skills dan manajemen keluarga.
Berdasarkan latar belakang di atas, tahun 2016 BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan merencanakan kegiatan pengembangan model pendidikan masyarakat dengan judul Pemberdayaan Perempuan Nelayan Melalui Program Pendidikan Keaksaraan Berbasis Keterampilan. Guna memberikan gambaran dan acuan mengenai hal tersebut diperlukan model yang terstruktur dan sistematis.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kecapakan Wirausaha (PKW)
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Keaksaraan
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 27 May 2020 08:03
Last Modified: 28 May 2020 02:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18444

Actions (login required)

View Item View Item