Pemberdayaan petani rumput laut melalui metode jaring gurita tahun 2017

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2017) Pemberdayaan petani rumput laut melalui metode jaring gurita tahun 2017. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan, Makassar.

[img] Text
pemberdayaan-petani-rumput-laut-melalui-metode-jaring-gurita-tahun-2017 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)

Abstract

Pemilihan nelayan sebagai sasaran model kursus dan pelatihan khususnya petani rumput laut berangkat dari fenomena kehidupan mereka yang bersifat paradoks. Ada keresahan logika bermain diantara kehidupan petani rumput laut. Kemiskinan menyelimuti desa mereka sebagai tempat tinggal yang berbatasan langsung dengan dunia kemaritiman. Mereka menggantungkan hidup pada hasil laut yang faktanya tidak dapat mengangkat posisi mereka dari orang miskin menjadi setengah miskin atau bahkan sejahtera. Lalu mengapa mereka terus mau bertahan dengan pola kehidupan seperti itu. Ini pertanyaan di satu sisi, pertanyaan berikutnya yang sangat menggugah adalah mengapa mereka terus hidup miskin padahal hasil laut khususnya rumput laut telah mengalami kenaikan
harga jual. Dengan harga komoditi rumput laut seperti ini, akan sulit lagi menemukan petani rumput laut yang hidup miskin.

Ketika nelayan berproduksi rumput laut dengan menggunakan Metode Jaring Kantong saat ombak dan angin besar, maka disaat yang teduh mereka masih bisa menggunakan metode long line, perpaduan ini mampu berproduksi rumput laut baik di musim timur Kondisi ini berjalan lancar, lalu timbul masalah baru, yaitu petani rumput laut ingin meningkatkan produksi rumput laut dengan tetap menggunakan lahan yang sama, dan dengan luas lahan yang ada sekarang. Pada dasarnya walaupun setiap elesai panen hasil yang diperoleh terbilang baik, namun jumlahnya atau hasilnya tetap saja hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu tim pengembang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantaeng, dan Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantaeng dalam rangka memberdayakan kamunitas pesisir khususnya petani rumput laut merumuskan metode menanam rumput laut dengan hasil yang lebih banyak.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kecapakan Wirausaha (PKW)
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 27 May 2020 06:17
Last Modified: 28 May 2020 02:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item View Item