Model penyelenggaraan pendidikan keaksaraan berbasis budaya tudang sipulung

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2012) Model penyelenggaraan pendidikan keaksaraan berbasis budaya tudang sipulung. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan, Makassar.

[img] Text
26697Model Tudang Sipulung - 2012 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Model penyelenggaraan pendidikan keaksaraan berbasis budaya tudang sipulung merupakan model dengan pola pembelajaran yang menitikberatkan pada konsep budaya lokal. Model penyelenggaraan pendidikan keaksaraan berbasis budaya tudang sipulung ini merupakan model yang dikembangkan berdasarkan karakteristik budaya yang ada di Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan, yang melibatkan Pakketenni Ade atau orang yang ditokohkan dalam komunitas Bugis Makassar. Proses dalam model penyelenggaraan pendidikan keaksaraan berbasis budaya Tudang Sipulung dengan materi membaca, menulis, berhitung, mendengar, serta berkomunikasi merupakan materi hasil mufakat dari ketiga unsur yang saling terkait tersebut diatas dengan tema-tema budaya.
Indikator keberhasilan model dapat diketahui dengan: (1) Penerapan model dengan mudah dilaksanakan; (2) Keutuhan warga belajar terjaga sampai akhir program; (3) Kehadiran warga belajar secara kolektif di atas 70% pada setiap proses pembelajaran, dibuktikan dengan daftar hadir warga belajar; (4) Warga belajar dapat melek aksara dalam jangka 3-5 bulan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 27 May 2020 04:07
Last Modified: 28 May 2020 02:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18428

Actions (login required)

View Item View Item