Model pendidikan kecakapan hidup ( PKH ) berbasis kewirausahaan bagi buruh nelayan

Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan (2011) Model pendidikan kecakapan hidup ( PKH ) berbasis kewirausahaan bagi buruh nelayan. Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar, Makassar.

[img] Text
144628model_pkh_2011 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui kewirausahaan bagi buruh/nelayan adalah pendidikan yang diberikan bagi buruh/nelayan dan atau keluarga mereka yang tergolong kurang mampu dan miskin dalam konsep pengembangan keterampilan yang berbasis usaha mandiri/kelompok dalam meningkatkan nilai ekonomi keluarga dan tanpa meninggalkan pekerjaan pokok mereka sebagai buruh/nelayan.
Pendidikan ini ditujukan guna memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mau berusaha bagi masyarakat buruh/nelayan beserta keluarganya yang berada di daerah pesisir dan kepulauan dalam memperoleh hak yang sama dengan masyarakat lainnya melalui pendidikan yang berbasis pada peningkatan ekonominya, sehingga dapat menjalankan hidup dengan wajar dan berdaya guna dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis antar masyarakat pesisir dan kepulauan yang melalui suatu bentuk pendidikan berbasis potensi lokal.
Tujuan program ini mengenalkan kepada masyarakat buruh/nelayan serta keluarga mereka akan pentingnya pendidikan keterampilan yang dikemas melalui kewirausahaan sebagai bagian dari peningkatan taraf hidupnya selain mata pencaharian pokok yang mereka jalankan,keterampilan kewirausahaan lebih mengarahkan mereka guna mengatur dan membuat perencanaan tentang pengelolaan usaha yang berbasis pada pendapatan secara ekonomi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH)
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kecapakan Wirausaha (PKW)
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 27 May 2020 02:35
Last Modified: 28 May 2020 02:35
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18426

Actions (login required)

View Item View Item