Kemendikbud, Pusat Penilaian Pendidikan and Abduh, Moch (2019) Penilaian portofolio. Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Jakarta.

[img] Text
PENILAIAN PORTOFOLIO 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Pada era ini penguasaan soft skills dan hard skills sama pentingnya. Siswa perlu dilatih tidak saja supaya mereka kompeten secara akademis tetapi juga supaya mereka mempunyai karakter yang berkualitas. Penilaian portofolio yang digunakan di kelas merupakan satu alternatif untuk meningkatkan kompetensi siswa secara menyeluruh. Penggunaan portofolio secara tepat tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang diperlukan dalam kehidupan seperti berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan diri, menemukan strategi untuk meningkatkan kompetensi, gigih, dan menjadi pembelajar yang mandiri.

Buku Penilaian Portofolio ini disusun untuk memberi wawasan kepada guru dalam melakukan penilaian portofolio baik untuk kepentingan penilaian formatif atau diagnostik maupun sumatif. Semoga buku ini dapat menginspirasi guru dalam melakukan penilaian portofolio yang berkualitas sehingga membantu berkembangnya potensi siswa secara optimal dan menyeluruh.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Asesmen dan Pembelajaran
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 19 May 2020 07:51
Last Modified: 19 May 2020 07:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item