Konsentrasi belajar siswa SMA dan penggunaan gawai

Pratiwi, Indah and Hendrik, Herman and Atmadireja, Genardi and Utama, Bakti and Waspodo, R. Muktiono (2019) Konsentrasi belajar siswa SMA dan penggunaan gawai. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792484

[img] Text
12. Buku Gawai 2018_indah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil kajian ini salah satu pemicu dampak negatif penggunaan gawai ditengarai dikarenakan oleh penggunaan yang berlebihan sehingga sangat memungkin dapat menyita waktu yang seharusnya dipergunakan untuk belajar. Dari hasil survei di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten menunjukan bahwa durasi penggunaan gawai sebanyak 92,78% menggunakan gawai di luar batas kewajaran yaitu di atas 2 jam per hari bahkan sebanyak 31,89% menggunakan gawai lebih dari 5 jam per hari pada batas waktu tersebut penggunaan gawai tidak hanya dapat membuat konsentasi belajar anak menurun, lebih dari itu, penggunaan gawai yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk lagi yaitu kecanduan atau gangguan ketergantuangan perilaku terhadap gawai.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Teknologi Informasi
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 02 May 2020 02:51
Last Modified: 02 May 2020 02:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item