Pemanfaatan dana alokasi khusus fisik bidang pendidikan

Sari, Lisna Sulinar and Purwadi, Agung and Sulistiono, Agus Amin and Suryawati, Dyah and Waspodo, R. Muktiono (2019) Pemanfaatan dana alokasi khusus fisik bidang pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792354

[img] Text
Final_Cetak_06_Pemanfaatan_DAK_Fisik.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

Buku ini disusun untuk merumuskan opsi kebijakan tentang pemanfaatan DAK, termasuk menganalisis kesesuaian pelaksanaan DAK di lapangan terhadap juknis DAK, mengidentifkasi komitmen daerah dalam pelaksanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan dan menganalisis mekanisme penyaluran dan pelaksanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan serta pemanfaatan oleh sekolah. DAK, terutama DAK Fisik sangat diperlukan untuk membantu sekolahsekolah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) dan mencapai standar nasional pendidikan (SNP) melalui sarana dan prasarana. Bantuan DAK Fisik sangat bermanfaat bagi sekolah, karena banyak sekolah yang hanya mengandalkan dana BOS untuk penyelenggaraan pendidikan. Jika jumlah siswanya sedikit maka dana BOS yang diperoleh sekolah juga sedikit dan sekolah tidak mungkin menggunakan dana BOS tersebut untuk melakukan pembangunan ruang kelas baru (RKB) atau rehabilitasi ruang kelas atau ruang laboratorium. Adanya bantuan DAK Fisik membantu sekolah untuk memberikan layanan pendidikan yang baik bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Program dan Anggaran
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 03 May 2020 01:16
Last Modified: 03 May 2020 01:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item