Siswantari, Siswantari and Fajarini, Catur Dyah and Suryawati, Dyah and Waspodo, R. Muktiono (2019) Penyimpangan dana alokasi khusus bidang pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792408

[img] Text
Final_Cetak_07_Penyimpangan_DAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2017 penyerapan DAK Fisik Reguler mencapai 76%, sementara DAK Fisik Penugasan hanya 54%. Pelaksanaan DAK disinyalir banyak tidak patuh terhadap ketentuan, sehingga menimbulkan banyak terjadi penyimpangan. Penyimpangan tersebut diantaranya: 1. Ditemukan ketidaksesuaian antara daftar pelaksanaan kegiatan dengan Usulan Rencana Kegiatan (URK) sehingga kegiatan tidak bisa direalisasikan. 2. Terjadi keterlambatan kegiatan karena terjadi perubahan rencana kegiatan. 3. Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota tidak memetakan sekolah berdasarkan data Dapodik. 4. Harga satuan yang ditetapkan di daerah 3T terlalu rendah dan tidak logis. 5. Pada tahap pelaksanaan, terjadi ketidaksesuaian antara kebutuhan sekolah dengan menu DAK yang disediakan. Koordinasi antar berbagai pihak yang berkepentingan dengan pengelolaan dan pelaksanaan DAK perlu ditingkatkan. Pemahaman tentang penganggaran sampai dengan monitoring dan evaluasi DAK sangat diperlukan, mengingat banyaknya peraturan terkait DAK.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Program dan Anggaran
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 03 May 2020 01:12
Last Modified: 03 May 2020 01:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item