Handayani, Meni and Subijanto, Subijanto and Raharjo, Sabar Budi and Hariyanti, Erni and Waspodo, R. Muktiono (2019) Pemanfaatan hasil ujian nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792378

[img] Text
Final_Cetak_12_PEMANFAATAN_UN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10MB)

Abstract

Hasil kajian menunjukkan bahwa capaian UN pada satuan pendidikan masih kurang dimanfaatkan secara maksimal sehingga perbaikan capaian hasil UN pada satuan pendidikan masih relatif belum secara siginifikan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Capaian UN pada satuan pendidikan tidak terlepas dari peran guru matapelajaran. Oleh karena itu, pemberdayaan guru matapelajaran serumpun perlu diefektifkan dalam perbaikan hasil capaian UN pada satuan pendidikan. Wadah atau organisasi yang tepat untuk kegiatan tersebut yaitu Musyawarah Guru Matapelajaran (MGMP) untuk guru SMP dan SMA/SMK serta Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk guru sekolah dasar.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa > Ujian Nasional
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 01 May 2020 00:43
Last Modified: 01 May 2020 00:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item View Item