Nurrochsyam, Mikka Wildha and Sudrajat, Unggul and Atmadireja, Genardi and Purwana, Bambang Hendra Suta and Waspodo, R. Muktiono (2019) Permainan tradisional sebagai wahana pendidikan karakter. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792569

[img] Text
2. Kajian Pemanfaatan Permainan Tradisional_Mikka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15MB)

Abstract

Kehadiran permainan tradisional di kalangan anak-anak saat ini menjadi penting karena permainan tradisional mampu mengembangkan seluruh potensi dalam diri anak-anak yang termuat dalam oleh pikir, olah rasa, dan olah raga. Dalam olah pikir permainan tradisional mampu untuk mengajarkan keruntutan berpikir secara logis, seperti yang terlihat dalam permainan tebak kata. Permainan tradisional juga mampu untuk mengembangkan olah rasa, seperti nyanyian-nyanyian yang menyertai permainan tradisional mampu membangun keindahan estetis anak-anak. Selain itu, permainan tradisional mampu untuk menyehatkan raga atau jasmani untuk tumbuh lebih sehat. Permainan tradisional mengandung nilai karakter utama, yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Permainan tradisional dapat dimanfaatkan untuk mentransformasikan nilai-nilai karakter utama kepada peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah-sekolah, melalui PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Nilai karakter utama dalam permainan tradisional dapat diimplementasikan dalam tiga jalur pendidikan, yaitu berbasis budaya kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Kebudayaan > Permainan Tradisional
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:28
Last Modified: 30 Apr 2020 04:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item