Berita INOVASI edisi V Oktober-Desember 2018

INOVASI, INOVASI (2018) Berita INOVASI edisi V Oktober-Desember 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.

[img] Text
Berita INOVASI edisi IV Agustus - Oktober 2018.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (822kB)

Abstract

Informasi terkini seputar Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), program kemitraan Pemerintah Indonesia dan Australia dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, INOVASI berupaya menemukan cara-cara yang terbukti berhasil (dan tidak berhasil) dalam meningkatkan hasil pembelajaran literasi dan numerasi siswa Indonesia di jenjang SD dan MI Oktober-Desember 2018
Selama enam bulan terakhir, berbagai rangkaian kegiatan dari program rintisan INOVASI berlangsung di seluruh 17 kabupaten mitra, termasuk di lima kabupaten baru di Jawa Timur. Dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas awal (SD/MI), program-program rintisan INOVASI dilaksanakan dengan fokus yang berbeda-beda. Fokus tersebut meliputi literasi, numerasi, instruksi multibahasa, kepemimpinan sekolah, pengajaran kelas rangkap, pendidikan inklusif, pelibatan masyarakat di sekolah, dan pendidikan tanggap darurat (pasca gempa Lombok).
Memetik pelajaran dari pelaksanaan program rintisan Guru BAIK (Belajar – Aspiratif – Inklusif – Kontekstual) dan kegiatan-kegiatan pra-rintisan di NTB, NTT, dan Kalimantan Utara, kini pendekatan program pun menjadi lebih teknis dengan mengadopsi model pelatihan dasar atau short course yang dilaksanakan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS). Pendekatan ini juga selaras dengan model pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru dan tenaga kependidikan yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Kementerian Agama, sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Item Type: Other
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Guru > Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: perpus dikbud
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:09
Last Modified: 21 Jan 2020 04:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item