Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018

Suprayitno, Totok (2019) Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018. Project Report. Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.

[img] Text
Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28MB)

Abstract

Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 diikuti oleh 79 negara dan Indonesia merupakan salah satu negara peserta. PISA 2018 di Indonesia dilaksanakan di 399 satuan pendidikan dengan melibatkan 12.098 peserta didik yang dipilih dengan metode sampling yang sahih. Sampel tersebut merepresentasikan 3.768.508 siswa atau 85% penduduk usia 15 tahun. PISA 2018 juga menjadi titik awal bagi Indonesia untuk beralih dari penilaian PISA berbasis kertas menjadi berbasis komputer. Hal ini sesuai dengan semangat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
Laporan ini secara ringkas menyajikan berbagai hal tentang hasil PISA 2018. Dalam laporan ini dipaparkan konteks sistem penilaian di Indonesia yang mencakup PISA sebagai salah satu bagian di dalamnya serta penjelasan singkat mengenai PISA. Hasil PISA disajikan juga dari dua perspektif: siswa dan sekolah. Hasil siswa mengupas baik capaian maupun kondisi serta aspirasi siswa. Hasil PISA terkait dengan sekolah menelaah sumber daya serta iklim sekolah yang mendukung hasil pendidikan untuk semua siswa Indonesia. Beragam analisa hasil tersebut diharapkan akan memberi masukan yang berguna bagi para pengambil kebijakan pendidikan baik di tingkat Pusat maupun Daerah. Berbasis bukti empiris dari beragam sistem pendidikan, kita belajar untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang efektif dalam melakukan pembinaan dan peningkatan mutu. Kami juga berharap, melalui laporan ini masyarakat umum khususnya pemerhati pendidikan dan penilaian bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang PISA 2018 yang berbasis pada data dan fakta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Penilaian Pendidikan
Depositing User: Miss nurhayati nurhayati
Date Deposited: 05 Dec 2019 05:37
Last Modified: 05 Dec 2019 05:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

View Item View Item