Kerajaan Soppeng dalam Tellumpoccoe

Sritimuryati, Sritimuryati (2013) Kerajaan Soppeng dalam Tellumpoccoe. De La macca / Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan, De La Macca. ISBN 9786022630170

[img] Text (Buku ini menyajikan tentang sejarah berdirinya kerajaan Soppeng, perkembangannya, serta hubungannya dengan kerajaan-kerajaan lainnya.)
kerajaan soppeng dalam tellumpoccoe.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27MB)

Abstract

Sulawesi Selatan sebagai wilayah yang memiliki sejarah panjang yang tersebar dari beberapa kerajaan, baik kerajaan yang dianggap utama dan besar seperti Kerajaan Luwu, Gowa dan Bone yang dikenal dengan sebutan Tellumpoccoe, maupun kerajaan diluar tiga kerajaan utama tadi, seperti Kerajaan Tanete, Soppeng, Bantaeng, kerajaan konfederasi Lima Ajatappareng, kerajaan konfederasi Turatea dan banyak lagi kerajaan - kerajaan lainnya baik yang dianggap besar maupun yang kecil. Dari sekian banyak kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan tersebut dalam proses berdirinya sebagai kerajaan yang utuh dan terintegrasi secara intemal dalam kerajaan tersebut selalu dihubungkan secara geneologis pada tokoh yang dianggap hebat dan memiliki kekuatan dan kekuasaan di luar batas kemampuan kekuatan dan kekuasaan manusia. Sehingga banyak orang maupun para sejarawan menyebutnya sebagai konsep mitologis.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Tokoh Nasional
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sulawesi Selatan
Depositing User: Muhammad Rais
Date Deposited: 01 Feb 2020 02:52
Last Modified: 01 Feb 2020 02:52
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16572

Actions (login required)

View Item View Item