Abdul Hamid Petta Ponggawae: profil panglima yang pantang penyerah

Amir, Muhammad (2015) Abdul Hamid Petta Ponggawae: profil panglima yang pantang penyerah. Pustaka Refleksi / Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan, Pustaka Refleksi. ISBN 9789793570815

[img] Text (Muhammad Amir sebagai penulis buku ini, berusaha mengungkapkan dan menjelaskan perlawanan Bone di bawah pimpinan Abdul Hamid Petta ponggawae dalam menentang kekuasaan pemerintah Hindia Belanda di daerah Sulawesi Selatan.)
Abdul Hamid Petta Ponggawae.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (61MB)

Abstract

Abdul Hamid adalah putra Raja Bone La Pawawoi Karaeng sigeri dari hasil perkawinannya dengan I Karimbo Daeng Tamene, putri Arung Mengempang (Barru). Sebagai anak pattola bukan hanya dapat diangkat menjadi mangkau (raja) di Kerajaan Bone, tetapi juga sebagai arung (raja) di Kerajaan Barru ' Perlawanan Abdul Hamid Petta Ponggawae dalam menentang kekuasaan pemerintah Belanda, dilatari oleh akumulasi dari Pertentangan -Pertentangan antara Bone dengan Belanda. Mencapai puncaknya ketika Belanda bermaksud menguasai secara langsung Bone. Terjadi pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan Kerajaan Bone.Pasukan Kerajaan Bone terdesak. Pasukan Belanda melakukan pengejaran terhadap raja Bone, akhirnya berhasil mengepung Raja Bone La Pawawoi Karaeng Segeri bersama pengawalnya di Pegunungan Awo (TanaToraja) padar 8 November 1go5. Pada pertempuran tersebut, Abdul Hamid Pettaponggawae gugur bersama puluhan laskar Bone. sementara raja Bone*.ditangkap kemudian diasingkan ke Bandung oleh pemerintah Belanda.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Tokoh Nasional
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sulawesi Selatan
Depositing User: Muhammad Rais
Date Deposited: 01 Feb 2020 02:45
Last Modified: 01 Feb 2020 02:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item