Kajian pengelolaan tenaga kependidikan: profesi kepala sekolah dan pengawas sekolah

Sulistiono, Agus Amin and Subijanto, Subijanto and Jakaria, Yaya and Perdana, Novrian Satria and Siswantari, Siswantar and Sory, Alfan and Syailendra, Tondi Raja (2017) Kajian pengelolaan tenaga kependidikan: profesi kepala sekolah dan pengawas sekolah. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786028613804

[img] Text
Pengelolaan Tenaga Kependidikan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Penguatan peran kepala sekolah dan pengawas sekolah merupakan
agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam visi
kementerian dengan salah satu strategi yang dijalankan yaitu penguatan pelaku
pendidikan dan kebudayaan. Namun, terdapat sejumlah kendala untuk
menjadikan peran dan tugas kepala sekolah dan pengawas sekolah menjadi
profesional, antara lain: 1) tugas tambahan yang dirasakan jauh lebih berat dan
rumit dibandingkan dengan tugas pokok sebagai guru; 2) tugas mengajar 6 jam
bagi kepala sekolah, karena waktu yang dimiliki sudah tersita untuk
menyelesaikan tugas administrasi sekolah; 3) jabatan pengawas sekolah pun
tidak memiliki kekuatan (power) karena secara struktural pengawas sekolah
tidak memiliki akses dalam setiap pengambilan keputusan strategis di
lingkungan kelembagaan pendidikan.
Kajian ini mengungkap kompleksitas persoalan kepala sekolah dan
pengawas sekolah ditinjau dari profesi dan karier bila dikaitkan dengan
perundangan-undangan yang berlaku. Semoga laporan kajian ini dapat
memberikan masukan dan kebermanfaatan bagi pihak-pihak pengambil
keputusan dalam ekosistem pendidikan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru > Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Sekolah
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:12
Last Modified: 13 Nov 2019 01:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item View Item