Kulsum, Umi and Harijatiwidjaja, Natje and Darheni, Nani and Sariah, Sariah and Mulyanah, Ade and Heryadi, Toni and Kartika, Kartika (2016) Singkatan dan akronim dalam media massa cetak dan media elektronik. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Bandung. ISBN 9786021686102

[img] Text
Singkatan & Akronim Dalam Media Massa Cetak dan Media Elektronik.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23MB)

Abstract

Buku ini memaparkan singkatan dan akronim dalam media massa cetak (tabloid, surat kabar, dan majalah) dan media elektronik (televisi). Untuk hyang tabloid, data yang berhasil dikumpulkan dari tabloid berjumlah 1.240 dengan perincian 443 berupa akronim dan 797 berupa singkatan. Adapun untuk surat kabar,dapat dinyatakan pola atau sistem pengkatoniman dalam bahasa Indonesia yang terdapat di dalam media massa cetak Jawa Barat belum memiliki keajekan atau konsistensi kaidah. Untuk majalah, pembentukan singkatan dan akronim lebih banyak dibentuk oleh faktor pragmatik daripada faktor fonologis.Terakhir untuk media elektronik teleivisi, dari 132 data yang dikumpulkan, terdapat 78 akronim dan 66 singkatan

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Balai Bahasa Jawa Barat
Depositing User: - Perpustakaan Badan Bahasa Kemdikbud
Date Deposited: 07 Mar 2020 03:22
Last Modified: 07 Mar 2020 03:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item View Item