Peningkatan akses dan mutu pendidikan tingkat sekolah dasar di Provinsi Papua dan Papua Barat

Utama, Bakti and Widodo, Widodo and Pratiwi, Indah and Krismahardhika, Bonifatius Galih and Adriyan US, Rahmat and Khalib, Fuad Setiawan (2018) Peningkatan akses dan mutu pendidikan tingkat sekolah dasar di Provinsi Papua dan Papua Barat. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786020792125

[img] Text
Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Indikator-indikator statistik menunjukkan adanya kesenjangan partisipasi dan kualitas pendidikan antara dua provinsi tersebut dan provinsi lainnya di Indonesia. Namun demikian, jika ditelisik lebih dalam, kondisi di lapangan jauh lebih memprihatinkan dibandingkan potret statistik tersebut. Oleh karenanya, langkah-langkah akselerasi untuk meningkatkan capaian pendidikan di kedua provinsi tersebut mejadi penting dilakukan. Penelitian ini menemukan bahwa rendahnya akses dan mutu pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat berakar pada tiga permasalahan utama. Pertama, lemahnya tata kelola pendidikan. Kedua, tingginya angka mangkir guru dan rendahnya kualitas guru. Ketiga, ketidaksesuaian paradigma pendidikan dan kesadaran masyarakat. Atas ketiga akar masalah tersebut, penelitian ini merekomendasikan dilakukannya intervensi baik dalam ranah proses pembelajaran, penguatan guru, maupun penguatan tata kelola bidang pendidikan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 06 Nov 2019 08:00
Last Modified: 06 Nov 2019 08:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item