Ammatoa dalam kelembagaan komunitas adat Kajang

Hafid, Abdul (2013) Ammatoa dalam kelembagaan komunitas adat Kajang. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan, Makassar, ix-81. ISBN 9786022630357

[img] Text (Tulisan ini memberikan gambaran tentang relasi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam/lingkungannya, dan manusia dengan Tuhannya di Komunitas Adat Ammatoa kajang, Kabupaten Bulukumba.)
Ammato a dalam Kelembagaan Komunitas Adat Kajang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21MB)

Abstract

Komunitas adat kajang telah memengang teguh adat istiadat pengelolaan hutan, sekarang biar terpelihara dengan baik. dalam melestarikan lingkungan alam (hutan) tidak terlepas dari kepercayaan tehadap ajaran pasang, bahwa dunia yang di ciptakan oleh turi'e'A're'na (tuhan) beserta isinya haruslah dijaga keseimbangannya, terutama hutan. Oleh karenanya masyarakat adat kajang memandang alam sekitarnya (hutan ) sebagai bagian dan setara dengan ini. Oleh karna itu, haruslah selalu dijaga pelestarian alam (hutan), karna merusak hutan berarti merusak diri sendiri. Amma toa, dalam melaksanakannya peranannya, terutama terhadap pelanggaran adat yang terjadi di kawasan adat kajang, yang mengandung prinsip hubungan antara warga masyarakat dengan turi e'A're'na, antara sesama im dan hubungan im dengan lingkungannya. Seiap pelanggaran pasang bukan sejahanya merendahkan derajat pelanggaran dimata warga masyarakat adat kajang, melainkan mengusahakan warga masyarakat dan merusak lingkungan fisik kawasan adat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sulawesi Selatan
Depositing User: Muhammad Rais
Date Deposited: 28 Dec 2019 05:00
Last Modified: 28 Dec 2019 05:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item