Model penyelenggaraan pendidikan untuk daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal yang mengakomodasi keberagaman kondisi lingkungan, sosial, dan budaya setempat (berbasis kearifan lokal)

Dudung, Agus and Sudrajat, Ajat and Hasanah, Uswatun and Winingsih, Lucia Hermien and Suprastowo, Philip and Irmawati, Ais and Listiawati, Nur (2018) Model penyelenggaraan pendidikan untuk daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal yang mengakomodasi keberagaman kondisi lingkungan, sosial, dan budaya setempat (berbasis kearifan lokal). Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786020792095

[img] Text
Model Pendidikan Daerah 3T.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Daerah 3T merupakan daerah yang tingkat pembangunan, termasuk dalam pembangunan pendidikan relatif tertinggal dari daerah lain. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini, seperti kondisi geografis, kekurangan sumber daya manusia yang mampu bertahan di daerah sulit, sosial dan budaya, pendanaan, dan kondisi khusus lainnya. Kondisi khusus ini merupakan keunggulan atau kearifan lokal yang harus diperhatikan dalam pembangunan pendidikan. Studi ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis model penyelenggaraan pendidikan untuk daerah 3T yang mengakomodasi keberagaman kondidi lingkungan, sosial, dan budaya setempat. Daerah 3T dengan kondisi khususnya akan mempengaruhi dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga memerlukan model tertentu agar pembangunan pendidikan di daerah 3T berhasil.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Program dan Anggaran
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:08
Last Modified: 28 Oct 2019 04:08
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15877

Actions (login required)

View Item View Item