Kajian Akreditasi, Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, dan Mutu Satuan Pendidikan

Handayani, Meni and Kintamani D.H, Ida and Fajarini, Catur Dyah and Joko, Bambang Suwardi and Triyono, Heru N. and Yudha, Yusuf Hadi (2018) Kajian Akreditasi, Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, dan Mutu Satuan Pendidikan. Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta. ISBN : 9786028613903

[img] Text
document.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Kajian Akreditasi, Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, dan Mutu Satuan Pendidikan Tahun 2017 ini merupakan hasil kajian tentang adanya 8 standar nasional pendidikan (SNP) yang mutunya dapat dilihat dari peringkat akreditasi sekolah dan hasil ujian nasional (UN) yang dianggap mampu menggambarkan mutu sekolah khususnya mutu SMP.
Tujuan dilakukannya kajian ini adalah untuk memperoleh gambaran pemenuhan SNP dan mutu sekolah menurut peringkat akreditasi dan hasil UN, mengidentifikasi implementasi SNP pada sekolah dan pengertian mutu sekolah terutama yang berada pada posisi anomali,
dan mengidentifikasi indikator mana yang dianggap tepat dalam mengukur pemenuhan SNP, serta standar-standar mana yang dianggap penting atau sesuai dengan kebutuhan.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi dokumentasi dan survei di lapangan. Studi dokumentasi menggunakan data sekunder dari BAN S/M dan survei di lapangan untuk memperoleh data primer menggunakan sampel secara purposif sehingga diperoleh 4 kabupaten/kota, yaitu di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Buleleng, Kota
Bandung, dan Kota Surabaya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Siswa > Ujian Nasional
Pendidikan > Sekolah
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan > Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:21
Last Modified: 21 Oct 2019 04:21
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item