Optimalisasi peran LPMP Papua dalam peningkatan kualitas guru IPA DI provinsi Papua

Mulyono, Gendro (2017) Optimalisasi peran LPMP Papua dalam peningkatan kualitas guru IPA DI provinsi Papua. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (2). pp. 113-128. ISSN 1858-3105

[img] Text
09 Desember 2017.pdf - Published Version

Download (241kB)

Abstract

Kebijakan pembinaan pendidikan guru IPA yang telah
dikembangkan pada dasarya betujuan untuk meningkatkan
mutu dan profesionalisme guru IPA. Agar mutu guru IPA
dapat terjamin, maka harus dilakukan koordinasi antara
program sekolah guru IPA dengan program pendidikan EPA
di sekolah yang akan dilayani. Pada kenyataannya
kompetensi sebagian guru IPA terutama yang ada di Papua
belum begitu menggembirakan. Sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam tulisan ini adalah bagaimana optimalisasi peran LPMP Papua untuk meningkatkan profesional guru IPA Julusan LPTK yang telah berdinas di Sekolah-sekolah di Propinsi Papua. Lingkup bahasan dalam tulisan ini adalah metode dan teknik pembinaan profesional guru IPA yang berkaitan dengan tugas-tugas keguruan yakni menguasai materi kependidikan, menguasai materi pembelajaran. menyusun program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi dan
melakukan penelitian. Tujuan dari makalah ini adalah
menemukan ide untuk optimalisasi peran LPMP Papua untuk meningkatkan profesional guru IPA di Papua. Kesimpulan dari makalah ini adalah terdapat beberapa metode dan teknik dalam upaya meningkatkan profesional guru IPA yang berkaitan dengan tugas -tugas keguruannya guna Optimalisasi Peran LPMP Papua dalam Meningkatakan
Kualiatas Guru IPA di papua yaitu Mengambil Peran sebagai supervisor Akademik, Melaksanakan Pendidikan / pelatihan berbasis Fakta Guru IPA di Papua, Memfasilitasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pendampingan wadah KKG / MGMP IPA, Penerbitan buletin / jumal Dan Kunjungan Kelas. Bentuk metode dan teknik pembinaan akan berhasil dalam mendongkrak peningkatan profesional guru IPA apabila metode dan teknik yang dikembangkan spesifik yaitu dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan kebutulian guru IPA yang ada di Papua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan kualitas, guru IPA
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Guru
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:37
Last Modified: 22 Oct 2019 01:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item