Pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika melalui sikap berpikir kritis siswa SMP di kecamatan Samarinda seberang

Soesilo, Tendas Teddy (2017) Pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika melalui sikap berpikir kritis siswa SMP di kecamatan Samarinda seberang. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (2). pp. 77-97. ISSN 1858-3105

[img] Text
07 Desember 2017.pdf - Published Version

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh
kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, (4) pengaruh kebiasaan belajar Terhadap berpikir kritis, (5) pengaruh lingkungan sekolah pengaruh lingkungan sekolah, (6) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika melalui berpikir kritis, (7) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika melalui berpikir kritis, (8) pengaruh kebiasaan belajar, pengaruh lingkungan sekolah dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode cross sectional correlation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kecamatan Samarinda Seberang yang berjumlah 392 siswa dengan ukuran sampel 80 responden dan pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama tidak terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,4%, kedua terdapat pengaruh yang signifikan
lingkungan terhadap hasil belajar sebesar 13,4%, ketiga terdapat pengaruh yang signifikan berpikir kritis terhadap hasil belajar sebesar 29%, keempat terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap berpikir kritis sebesar 29,2%, kelima tidak terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap berpikir kritis sebesar 1,7%, keenam terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui berpikir kritis sebesar 8,86%, ketujuh terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap hasil belajar melalui berpikir kritis sebesar 13,89%, kedelapan pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan dan berpikir kritis terhadap hasil belajar sebesar 14,4%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar Matematika, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:55
Last Modified: 22 Oct 2019 02:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item View Item