Meningkatkan hasil belajar PKN siswa kela VI SDN 022 Sebulu dengan menggunakan strategi role playing

Sunardi, Sunardi (2014) Meningkatkan hasil belajar PKN siswa kela VI SDN 022 Sebulu dengan menggunakan strategi role playing. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (2). pp. 236-245. ISSN 1858-3105

[img] Text
15 Desember 2014.pdf - Published Version

Download (235kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI, SDN 022 Sebulu dalam mata pelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan experiential learning melalui strategi role playing. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan experiential learning melalui strategi role playing dapat meningkatkan motivasi yang ditunjukkan oleh keaktifan, antusiasme, dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes menunjukkan nilai 58,13 sebelum penelitian tindakan, meningkat menjadi 68,84 pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 80,94 pada siklus 2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: role playing, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Guru > Modul Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:47
Last Modified: 24 Oct 2019 02:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15609

Actions (login required)

View Item View Item