Peningkatan pemahaman siswa melalui model STAD pada pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 016 Balikpapan Tengah

Sukarti, Sukarti (2016) Peningkatan pemahaman siswa melalui model STAD pada pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 016 Balikpapan Tengah. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, x (2). pp. 219-234. ISSN 1858-3105 (In Press)

[img] Text
17 Desember 2016.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

Studi ini merupakan rangkaian penelitian tindakan kelas
(PTK) yang telah dilaksanakan di SD Negeri 016 Balikpapan Tengah pada semester I tahun pelajaran 2014/2015, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VI (enam). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui penggunaan pendekatan STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan kelas. Data perkembangan siswa diperoleh dengan melakukan observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari soal essay untuk setiap putaran. Tes dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa dan kreatifitas siswa pada proses belajar mengajar. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,97 (48%) menjadi 73,33 (79%) pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 016 Balikpapan Tengah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD (Studentn Team Achievement Division), Kualitas
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 26 Oct 2019 07:49
Last Modified: 26 Oct 2019 07:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15600

Actions (login required)

View Item View Item