Pembelajaran tematik di sekolah dasar sebagai wahana pembentukan karakter bangsa

Salamah, Alim (2014) Pembelajaran tematik di sekolah dasar sebagai wahana pembentukan karakter bangsa. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (2). pp. 71-86. ISSN 1858-3105

[img] Text
05 Desember 2014.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Pada era globalisasi yang ditandai dengan meningkatnya pengaruh internasional dapat menimbulkan perubahan yang sangat besar pada sendi-sendi kehidupan warga bangsa. Dalam menghadapi globalisasi dan menatap masa depan dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia diperlukan sosok guru professional yang mampu meningkatkan kompetensi generasi muda Indonesia ke depan. Pendidikan karakter mempunyai makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik sehingga siswa didik menjadi faham (domain kognitif) tentang mana yang baik dan salah, mampu merasakan (domain afektif) nilai yang baik dan mau melakukannya (domain psikomotor). Diterapkannya pembelajaran tematik dalam pembelajaran, membuka ruang yang luas bagi peserta didik untuk mengalami sebuah pengalaman belajar yang lebih bermakna, berkesan dan menyenangkan. Pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran untuk mengembangkan karakter kebangsaan dalam tema yang diajarkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tematik, karakter, siswa, generasi muda
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:43
Last Modified: 07 Nov 2019 01:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item