Meningkatkan tanggung jawab individu dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA negeri 5 Balikpapan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)

Midawati, Midawati (2014) Meningkatkan tanggung jawab individu dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA negeri 5 Balikpapan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (2). pp. 17-37. ISSN 1858-3105

[img] Text
02 Desember 2014.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (370kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) untuk meningkatkan tanggung jawab individu dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2012/2013; (2) Mendeskripsikan peningkatan tanggung jawab individu kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT); dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT, terbukti mampu meningkatkan tanggung jawabindividu dan hasil belajar siswa pada tiap siklus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab individu, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Nov 2019 02:30
Last Modified: 11 Nov 2019 02:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item View Item