Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) untuk meningkatkan hasil belajar

Farida, Rina (2015) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX (2). pp. 121-136. ISSN 1858-3105

[img] Text
10 Desember 2015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)

Abstract

Mata pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, termasuk siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Tanah Grogot.Hasil belajar yang dicapai siswa masih jauh di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65,0. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika terutama pada materi Keliling dan Luas Lingkaran.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIB yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.Hasil penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Tipe GI berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I ketuntasan sebesar 50%, dan pada siklus II sebesar 86,6%. Selain hasil belajar yang meningkat, siswa juga termotivasi untuk belajar matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Guru > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Nov 2019 08:45
Last Modified: 01 Nov 2019 08:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item View Item