Penerapan Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas belajar MATEMATIKA siswa kelas VII-3 di SMPN 1 Balikpapan

Mashudi, Mashudi (2014) Penerapan Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas belajar MATEMATIKA siswa kelas VII-3 di SMPN 1 Balikpapan. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 233-250. ISSN 1858-3105

[img] Text
12 Juni 2014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data-data dan analisis meskipun studi reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program ini didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, teman dekat, dan pengaturan kelas sosial secara alami melalui tiga siclus tindakan penelitian. Menurut hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa, meningkat dari 46% menjadi 75% pada siclus kedua, dan menjadi 88% pada siclus ketiga. Sedangkan berdasarkan pemeriksaan bagi siswa lebih baik, dari 50 menjadi 65 di siclus kedua, dan menjadi 72 pada siclus ketiga. Berdasarkan tindakan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode TTW koperasi dapat dikembangkan kegiatan dan hasil belajar siswa terutama pada kelas VII-1 SMPN 1 Balikpapan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aktivity,cooperative teaching-learning with TTW method.
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 18 Nov 2019 00:34
Last Modified: 18 Nov 2019 00:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15564

Actions (login required)

View Item View Item