Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 005 Malinau Kota

Ukab, Tubal (2008) Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 005 Malinau Kota. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, II (2). pp. 117-130. ISSN 1858-3105

[img] Text
09 Desember 2008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 005 Malinau Kota, melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan awal, observasi, tes hasil belajar, dokumentasi nilai, dan tugas. Tes hasil belajar dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus II dan siklus III terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis data menggunakan rata-rata, persentase. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa setiap siklus. Pada siklus I diperoleh ratarata nilai kelas 48,24, yang meningkat dibandingkan rata-rata nilai dasar yang diperoleh dari rata-rata nilai tes kemampuan awal yaitu 32,77 naik menjadi 48,24 dan poin peningkatan sebesar 15,47 dengan kriteria cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kelas 67,36, yang mengalami peningkatan dibandingkan siklus I yaitu 48,24 naik menjadi 67,36 dan poin peningkatan sebesar 19,12 dengan kriteria cukup. Pada siklus III diperoleh rata-rata nilai kelas 88,56, yang mengalami peningkatan dibandingkan siklus II yaitu 67,36 naik menjadi 88,56 dan poin peningkatan sebesar 21,20 dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N
005 Malinau tahun ajaran 2006/2007.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, pembelajaran berbasis masalah, pendekatan kontekstual.
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:53
Last Modified: 27 Dec 2019 02:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15509

Actions (login required)

View Item View Item