Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS ekonomi pokok bahasan uang dengan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kelas IX, SMP Negeri 22 Samarinda

Yuliani, Herliana (2014) Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS ekonomi pokok bahasan uang dengan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kelas IX, SMP Negeri 22 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 65-86. ISSN 1858-3105

[img] Text
04 Juni 2014.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (676kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan tipe SMT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IX C SMPN 22 Samarinda Tahun Akademik 2011 / 2012. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 22 Samarinda C Kelas IX Semester Akademik Tahun 2011/2012. Waktu penelitian berlangsung selama 2 bulan dengan 2 siklus. Dengan jumlah siswa sebagai subyek penelitian adalah 40 siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk menyajikan nilai rata-rata sederhana, nilai frekuensi dan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam studi sosial ekonomi. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode TPS dapat meningkatkan motivasi dan berprestasi siswa kelas IX A SMPN 22 Samarinda 2011/2012 tahun akademik. Sangat disarankan bagi guru IPS dengan menggunakan pendekatan atau metode proses pembelajaran TPS yang menyenangkan, mengasyikkan, dan berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivation, Learning Outcomes, Type Thik Pair Share (TPS).
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:21
Last Modified: 27 Dec 2019 02:21
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item