Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas Viiia SMP Negeri 2 Samarinda Tahun Pelajaran 2008/2009

Hartoyo, Hartoyo (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas Viiia SMP Negeri 2 Samarinda Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VI (1). pp. 135-151. ISSN 1858-3105

[img] Text
13 Juni 2012.pdf - Published Version

Download (326kB)

Abstract

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar.
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah
diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas
VIIIA SMP Negeri 2 Samarinda. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (55,33%), siklus II (76,19%), siklus III
(87,33%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: belajar matematika, metode kooperatif model jigsaw
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:27
Last Modified: 25 Feb 2020 03:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item