Upaya Meningkatakan Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD Negeri 021 Pasir Belengkong Dengan Metode Berdasarkan Masalah (Problem Posing)

Bahrudin, Bahrudin (2012) Upaya Meningkatakan Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD Negeri 021 Pasir Belengkong Dengan Metode Berdasarkan Masalah (Problem Posing). Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VI (1). pp. 125-134. ISSN 1858-3105

[img] Text
12 Juni 2012.pdf - Published Version

Download (214kB)

Abstract

Secara umum siswa SD kelas 4 sudah cukup mampu dalam pembentukan soal sesuai dengan situasi yang disediakan tetapi belum maksimal. Melalui pembelajaran siklus I yaitu pemahaman operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan pendekatan problem posing, diperoleh hasil kemampuan siswa beragam, dimana berdasarkan kemampuan menurut jenis soal terlihat bahwa semua siswa (100%) sudah mampu dalam pembentukan soal dan dapat diselesaikan. Sementara itu, kemampuan
menurut masalah yang dapat diselesaikan ada 29,41% siswa hanya mampu membuat satu pertanyaan yang dapat diselesaikan, dan 67,65% siswa mampu membentuk soal lebih atau sama dengan dua pertanyaan yang dapat
diselesaikan. Melalui pembelajaran siklus II yaitu pemahaman operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan pendekatan problem posing, Kemampuan siswa dalam pembentukkan soal juga beragam. Kemampuan menurut jenis soal menunjukkan 2,94% siswa yang mampu membentuk soal sebanyak satu dan tidak dapat diselesaikan secara Matematika. Sedangkan
97,06% sudah mampu membentuk soal dan dapat diselesaikan secara matematik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Operasi Hitung, Problem Posing
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:24
Last Modified: 25 Feb 2020 03:24
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item