Meningkatkan Hasil Belajar Sains Di Kelas V Dengan Metode Berbasis Masalah Dan Kooperative Learning SDN 022 Sebulu

Supardi, Supardi (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Sains Di Kelas V Dengan Metode Berbasis Masalah Dan Kooperative Learning SDN 022 Sebulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VI (1). pp. 61-70. ISSN 1858-3105

[img] Text
06 Juni 2012.pdf - Published Version

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, melalui model pembelajaran Berbasismasalah dan pembelajaran kooprative, pada pokok bahasan pengerjaan Gaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 022 Sebulu, dengan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan
pembelajaran sebanyak 40 orang. Sedangkan objek penelitian adalah model pembelajaran berbasisi masalah, pada pokok bahasan Gaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pemberian tugas, dan tes hasil belajar. Tes hasil belajar dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan mutu proses KBM dan peningkatan rata-rata nilai kelas 72.59, meningkat pada siklus 2 menjadi 77.16, dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 83.87. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Berbasisi masalah dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar SAINS siswa pada pokok bahasan pengerjaan Gaya, pada siswa kelas V SD Negeri 022 Sebulu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif Learning
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:12
Last Modified: 25 Feb 2020 03:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item