Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Pemahaman Pecahan Pada Siswa Kelas V (Lima) SD Negeri 016 Balikpapan Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010

Sukarti, Sukarti (2012) Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Pemahaman Pecahan Pada Siswa Kelas V (Lima) SD Negeri 016 Balikpapan Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VI (1). pp. 35-49. ISSN 1858-3105

[img] Text
04 Juni 2012.pdf - Published Version

Download (654kB)

Abstract

Studi ini merupakan rangkaian penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan di SD Negeri 016 Balikpapan Tengah pada semester II tahun pelajaran 2009/2010, dengan subyek penelitian adalah siswa kelasV (lima). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya pada materi pecahan melalui penggunaan pendekatan RME. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan kelas. Data perkembangan siswa diperoleh dengan melakukan observasi terhadap perilaku siswadan tes hasil belajar yang terdiri dari soal essay untuk setiap putaran. Tes dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa dan kreatifitas siswa pada proses belajar mengajar.Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat
dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70,91 menjadi 80,91 pada siklus II. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa dari 33 siswa yang mengikuti pelajaran, pada siklus I terdapat 25 (75,76%) siswa yang berhasil atau tuntas dalam pembelajaran dan 8 (24,24%) siswa yang gagal atau tidak tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terdapat 30 (90,9%) siswa yang berhasil atau tuntas dalam pembelajaran dan 3 (9,1%) siswa yang gagal atau tidak tuntas dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan pendekatan RME. Dengan menggunakan pendekatan RME keaktifan siswa juga menjadi meningkat. Hal ini ditandai dengan siswa ikut
serta dalam diskusi, turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya, mampu berpikir bersama menyatukan pendapatnya dan membahas soal yang diberikan serta mampu menyajikan jawaban untuk seluruh kelas. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa melalui penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dan sangat efektif digunakan sebagai
model pembelajaran baru di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Kualitas.
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:11
Last Modified: 25 Feb 2020 03:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item View Item