Upaya meningkatkan pemahaman terhadap pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan teknik ”mencari pasangan” pada siswa kelas V semester I di SDN 008 Babulu- Ppu tahun pelajaran 2009-2010

Turra, Turra (2009) Upaya meningkatkan pemahaman terhadap pokok bahasan alat pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan teknik ”mencari pasangan” pada siswa kelas V semester I di SDN 008 Babulu- Ppu tahun pelajaran 2009-2010. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (2). pp. 37-54. ISSN 1858-3105

[img] Text
03 Desember 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (283kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran Sains saat ini di SDN 008 Babulu kelas V kurang memuaskan karena kurangnya inovasi dari guru saat proses pembelajaran di sekolah, sesuai dengan pendapat sekitar 80% siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran kurang menarik (hasil penjaringan dengan angket). Pembelajaran yang digunakan adalah dengan permainan mencari pasangan yaitu menggunakan kartu yang berisi konsep atau topik yang cocok, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Setelah dilakukan Tindakan bagi Siswa kelas V SDN 008 Babulu, jumlah siswa yang tuntas belajar dapat ditingkatkan dari 47% menjadi 94 %, 75% termotifasi yang ditandai dengan terbangunnya keberanian mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran serta muncul perilaku yang mendukung pengembangan potensi dirinnya, yang terefleksi melalui: Menghargai pendapat teman 100%, Bekerjasama dalam kelompok 100%, Kemampuan memecahkan masalah 80%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia, Permainan Mencari Pasangan
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Feb 2020 06:39
Last Modified: 01 Feb 2020 06:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item