Peningkatan kompetensi guru bahasa Indonesia melalui pembinaan dan pengawasan di SMA negeri 7 dan SMA katolik WR. Soepratman Samarinda

Djarjanti, Djarjanti (2009) Peningkatan kompetensi guru bahasa Indonesia melalui pembinaan dan pengawasan di SMA negeri 7 dan SMA katolik WR. Soepratman Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (2). pp. 13-36. ISSN 1858-3105

[img] Text
02 Desember 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (316kB)

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk 1] Meningkatkan kompetensi guru bahasa Indonesia melalui pembinaan dan pengawasan di SMA Negeri 7 dan SMA Katolik WR. Soepratman Samarinda. 2] Meningkatkan kompetensi guru berkaitan dengan proses pembelajaran dan media yang digunakan. 3] Meningkatkan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 dan SMA Katolik WR. Soepratman Samarinda, 2 orang guru sebagai sampel penelitian dan 1 orang guru lainnya sebagai observer. 1 orang kepala sekolah sebagai observer. Setelah diadakan obeservasi, penelitian ini dapat disimpulkan pada: 1].Guru pertama bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia, dalam pembelajaran dapat disimpulkan pada siklus pertama katagori Baik sekali = o %, Baik [17] =71 %, Cukup [7] = 29% pada siklus kedua kategori Baik sekali : [2] = 8 %. Baik [21] = 88 %, kategori Cukup [1] 2.]Pengamatan pada kemampuan guru kedua bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama kategori Baik Sekali 0 %, kategori Baik [20] = 84 %. Nilai Cukup [ 4] – 16%. Siklus kedua katagori Baik Sekali [2] = 8%, kategori Baik [21] = 88 % dan kategori Cukup 1= 4 %. 3]. Pengamatan pada kemampuan guru ketiga, bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama yang berkategori Baik Sekali [3] = 12 %, kategori Baik [19] = 79 %, kategori [2] = 8 %] Siklus kedua katagori Baik sekali [,4] = 16% Baik [20] = 84 %’.4] Pengamatan pada kemampuan guru keempat, bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama kategori Baik Sekali A = [2] = 8%, Kategori Baik [20] = 84% Kategori Cukup = 2 =[8%], sedangkan pada siklus kedua kategori Baik Sekali 3 = 12 %, kategori Baik 21= 88 %.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Feb 2020 06:23
Last Modified: 01 Feb 2020 06:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item