Jupri, Jupri (2011) Penggunaan konsep siswa dalam upaya meningkatkan pembelajaran IPS di SD negeri 012 Paser Belengkong. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, V (2). pp. 67-78. ISSN 1858-3105

[img] Text
07 Desember 2011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (225kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan pembelajaran IPS di SD Negeri 012 Paser dengan menggunakan konsep siswa, terutama mengembangkan siswa dalam memahami diri sendiri melalui pembelajaran
IPS sehingga dapat digunakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan memberikan pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa berdasarkan konsep atau pengetahuan yang mereka miliki. Pembelajaran
Pendidikan IPS berdasarkan penggunaan konsep siswa memiliki berbagai potensi kebermaknaan baik berkenaan dengan aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang hendak dikembangkan di dalam Pendidikan IPS. Penggunaan konsep siswa juga sangat potensial di dalam mendekatkan, mengakrabkan, atau mengintimkan pengalaman belajar di kelas dengan pengalaman belajar keseharian siswa yang terakumulasikan di dalam konsep siswa, sehingga siswa dapat membangun sendiri pengertian-pengertiannya berdasarkan makna-makna yang mereka cerap dari pengalaman belajarnya di kelas/sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep siswa, meningkatkan, pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Feb 2020 05:59
Last Modified: 01 Feb 2020 05:59
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item