Upaya meningkatkan kesegaran jasmani melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VI A SD Negeri 011 Samarinda seberang tahun pelajaran 2008/2009

Nurlaili, Nurlaili (2009) Upaya meningkatkan kesegaran jasmani melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VI A SD Negeri 011 Samarinda seberang tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 152-159. ISSN 1858-3105

[img] Text
09 Juni 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (231kB)

Abstract

Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan, perilaku hidup sehat, aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Pengalaman belajar yang disajikan akan membantu siswa untuk memahami mengapa manusia bergerak dan bagaimana cara melakukan gerakan yang aman, efisien, dan dan efektif. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui peningkatan kesegaran jasmani siswa yang diajar dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pendidikan jasmani, (2) mengetahui berapa siswa yang kesegaran jasmaninya meningkat setelah diajar dengan pendekatan bermain dalam pendidikan jasmani.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu siklus yang terdiri atas : adanya masalah-rencana tindakan-pelaksanaan tindakan-obsevasi dan refleksi. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VI-A SD Negeri 011 Samarinda Seberang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani seseorang, salah satunya adalah melalui aktivitas jasmani. (2) pendidikan jasmani dapat digunakan sebagai bentuk kegiatan siswa dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani (3) Dalam proses pendidikan jasmani diperlukan adanya modifikasi dan variasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pembelajaran ada dampak perubahan motivasi dan sekaligus tingkat kesegaran jasmani siswa. Hal ini disebabkan karena mereka dapat belajar sambil bermain. Dengan kegiatan ini pula kemampuan kognitif, afekfif dan psikomotorik siswa dapat berkembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Pendekatan Bermain, Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Feb 2020 04:23
Last Modified: 01 Feb 2020 04:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item