Pembelajaran konsep pengukuran dengan menggunakan model penemuan terbimbing pada kelas 7-C SMP Negeri 1 Penajam Paser Utara

Hanafi, Muhammad (2011) Pembelajaran konsep pengukuran dengan menggunakan model penemuan terbimbing pada kelas 7-C SMP Negeri 1 Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, V (1). pp. 93-107. ISSN 1858-3105

[img] Text
08 Juni 2011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB)

Abstract

Penelitian inovasi pembelajaran ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model penemuan terbimbing pada pembelajaran konsep pengukuran. Penelitian pembelajaran ini merupakan penelitian penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 7-C SMP Negeri 1 Penajam Paser Utara, kaliamantan Timur yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 83% dan pada siklus 2 mencapai 92%. Untuk siswa yang belum tutas kemungkinan karena tergesa-gesa dalam mengerjakan soal dan kurang memahami maksud soal. Respon siswa berupa minat dan motivasi model ARSC dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,24 dan 3,19. Ini menunjukkan bahwa siswa cukup berminat dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan model penemuan terbimbing. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model penemuan terbimbing dapat digunakan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan pengukuran di SMP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Guru > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:55
Last Modified: 11 Oct 2019 06:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15403

Actions (login required)

View Item View Item