Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKPS/IPS sejarah dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan peninggalan bangunan bersejarah pada siswa kelas IV SDN 014 Tanah Grogot

Kadir, Abdul (2009) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKPS/IPS sejarah dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan peninggalan bangunan bersejarah pada siswa kelas IV SDN 014 Tanah Grogot. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 73-84. ISSN 1858-3105

[img] Text
04 Juni 2009.pdf - Published Version

Download (212kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian didapat Hasil belajar siswa pada siklus I adanya peningkatan dibandingkan sebelum pembelajaran dengan media gambar. Sebelum pembelajaran, hasil belajar siswa menunjukkan dari 42 orang siswa kelas IV, 30 orang (72%) siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan hanya 12 orang siswa (28%) yang mendapat diatas 6. Sesudah pembelajaran dilakukan hasilnya menjadi 15 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 27 orang mendapatkan nilai di atas 6. Keseluruhan rata-rata kelas menjadi 6,5; Sebelum diberi pembelajaran, hasil belajar siswa siswa pada siklus I dari 42 orang siswa kelas IV, 15 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 27 orang mendapatkan nilai di atas 6. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 6,50. Sesudah siklus II dilakukan hasilnya menjadi 5 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 37 orang mendapatkan nilai di atas 6. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 7,50; Upaya guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar atau foto.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Prestasi, Belajar
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:27
Last Modified: 22 Oct 2019 04:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15388

Actions (login required)

View Item View Item