Upaya meningkatkan pembelajaran operasi hitung bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri 011 Malinau dengan metode berdasarkan masalah (problem posing)

Nurdin, Nurdin (2008) Upaya meningkatkan pembelajaran operasi hitung bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri 011 Malinau dengan metode berdasarkan masalah (problem posing). Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 2 (1). pp. 129-141. ISSN 1858-3105

[img] Text
10 Juni 2008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB)

Abstract

Secara umum siswa SD kelas 4 sudah cukup mampu dalam pembentukan soal sesuai dengan situasi yang disediakan tetapi belum maksimal. Melalui pembelajaran siklus I yaitu pemahaman operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan pendekatan problem posing, diperoleh hasil kemampuan siswa beragam, dimana
berdasarkan kemampuan menurut jenis soal terlihat bahwa
semua siswa (100%) sudah mampu dalam pembentukan soal
dan dapat diselesaikan. Sementara itu, kemampuan menurut
masalah yang dapat diselesaikan ada 29,41% siswa hanya
mampu membuat satu pertanyaan yang dapat diselesaikan,
dan 67,65% siswa mampu membentuk soal lebih atau sama
dengan dua pertanyaan yang dapat diselesaikan. Melalui
pembelajaran siklus II yaitu pemahaman operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan pendekatan problem
posing, kemampuan siswa dalam pembentukkan soal juga
beragam. Kemampuan menurut jenis soal menunjukkan 2,94% siswa yang mampu membentuk soal sebanyak satu dan tidak dapat diselesaikan secara Matematika. Sedangkan
97,06% sudah mampu membentuk soal dan dapat diselesaikan secara matematik.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:42
Last Modified: 11 Oct 2019 06:42
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item