Upaya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw

Hamzah, Hamzah (2009) Upaya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 47-72. ISSN 1858-3105

[img] Text
03 Juni 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB)

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan menuntut siswa menunjukkan sikap yang baik, kreatif, dan bertanggungjawab. Tapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran PKn belum tercapai sebagaimana yang diharapkan. Seringkali guru menemukan siswa tidak berani mengemukakan pendapat maupun bertanya. Dalam bekerja kelompok banyak dari anggota kelompok yang hanya mencantumkan nama saja tanpa ikut berpartisipasi dalam kelompok. Tanggungjawab siswa rendah, baik terhadap dirinya sendiri (individu) maupun terhadap kelompok. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B, semester 2, tahun pelajaran 2007/2008 di SD N 008 Malinau Kota. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi, catatan lapangan, dan kuesioner.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:24
Last Modified: 11 Oct 2019 04:24
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item