Upaya peningkatan kemampuan menulis kreatif siswa kelas II SMP Negeri 35 Samarinda melalui pendekatan kontekstual

Suntari, Endang Sri (2008) Upaya peningkatan kemampuan menulis kreatif siswa kelas II SMP Negeri 35 Samarinda melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 2 (1). pp. 34-41. ISSN 1858-3105

[img] Text
05 Juni 2008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan kepada kemampuan siswa dalam menulis kreatif dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas II SMP masih belum memadai. Melalui penelitian tindakan kelas ini, keterampilan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan suatu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan kontekstual yang dijadikan salah satu acuan dalam kurikulum Berbasis kompetensi. Pendekatan kontekstual bertujuan untuk memberi kesempatan lebih luas kepada siswa untuk kreatif mengmbangkan keterampilan menulis sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Peningkatan keterampilan menulis dapat diketahui dari penilaian ketika proses pembelajaran dan penilaian di akhir pembelajaran. Aspek penilaiannya antara lain : kesesuain isi, tanda baca dan ejaan, struktur kalimat, diksi dan kerapihan. Semua data diolah dan dikumpulkan . Hasilnya, kemampuan siswa dalam menulis kreatif mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:58
Last Modified: 11 Oct 2019 03:58
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item