Vitalitas sastra Bugis di Kabupaten Sumbawa

Shubhi, Muhammad and Hartanto, Hartanto and Cahyasabudhi, I Nyoman and Kurniawaty, Asry (2017) Vitalitas sastra Bugis di Kabupaten Sumbawa. Kantor Bahasa NTB, Mataram.

[img] Text (Laporan penelitian vitalitas sastra Bugis di Kabupaten Sumbawa)
3_vitalitas sastra bugis di kab sumbawa_cover.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi vitalitas sastra Bugis yang ada di Kabupaten Sumbawa. Daerah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah Desa Labuan Mapin, Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa. Responden dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kelas usia, yaitu 18—35, 36—59, dan 60 ke atas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner yang berupa daftar pernyataan. Setiap pilihan jawaban akan diberikan skor 1 untuk sangat tidak setuju, 2 tidak setuju, 3 ragu-ragu, 4 setuju, dan 5 sangat setuju. Untuk pernyataan negatif diberikan skor sebaliknya, 1 untuk sangat setuju, 2 setuju, 3 ragu-ragu, 4 tidak setuju, dan 5 sangat tidak setuju. Penghitungan skor dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan mencari skor minimal, maksimal, rentang skor minimal dan maksimal, besaran interval, dan rata-rata skor. Dari penghitungan tersebut akan ditentukan tingkat vitalitas sastra pada masing-masing indikator kemudian disimpulkan secara keseluruhan. Tingkat vitalitas sastra pada penelitian ini dirumuskan menjadi lima tingkatan, yaitu menuju kepunahan, bergeser, terancam, kuat, dan berkembang. Hasil dari penelitian ini dapat dirumuskan bahwa kondisi vitalitas sastra Bugis di Kabupaten Sumbawa berada pada level kuat.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Vitalitas, sastra Bugis
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Perbukuan > Kantor Bahasa NTB
Depositing User: Mrs Kurniawaty Asry
Date Deposited: 17 Oct 2019 05:16
Last Modified: 17 Oct 2019 05:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15041

Actions (login required)

View Item View Item