Ekspresi: belajar sebagai sebuah kegembiraan edisi 24 tahun xiii Juni 2015

Ratnasari, Ririk and Sarwendah, Pininto and Hairuli, Hanifa and Meinawati, Euis and Rohim, Fathur and Purnomo, Agus and Widiatmoko, Widiatmoko and Hidayat, Wandi and Tsani, Neneng and Purwati, Yatmi and Widiyanto, Gunawan and Pendikarini, Kardina and Nurhidayat, Yusup (2015) Ekspresi: belajar sebagai sebuah kegembiraan edisi 24 tahun xiii Juni 2015. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Jakarta, pp. 1-51.

[img] Text
020-Ekspresi-Edisi-Juni-2015.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Edisi kali ini diawali dengan laporan utama bertemakan pendidikan dan pembelajaran. Di dalamnya dikupas mengenai perspektif bahwa belajar harus diiringi oleh kegembiraan karena sejatinya belajar adalah sebuah kegembiraan. Belajar mestinya jauh dari paksaan dan tekanan. Idealnya belajar harus menjadikan si pembelajar merasa bebas untuk belajar. Bebas untuk mengeluarkan dan meningkatkan kemampuannya tanpa paksaan. Masalah linguistik dan literasi tak luput juga diangkat pada edisi kali ini yakni mengenai revitalisasi bahasa ibu, pemerolehan bahasa, studi kasus literasi pedagogik guru bahasa Inggris, atau mengenai pengajaran keterampilan menyimak dan berbicara. Tak tertinggal pula tulisan-tulisan ringan mengenai beberapa masalah kinerja organisasi, budaya, dan diklat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Teknologi Informasi
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Guru > Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Pendidikan > Buku Sekolah
Divisions: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Bahasa
Depositing User: Mrs Nurleli Nurleli
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:34
Last Modified: 14 Nov 2019 04:34
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item